Sabtu, 31 Maret 2012

si mineral biru ( azurit)


Azurite adalah mineral tembaga biru dihasilkan oleh pelapukan endapan tembaga. Ia juga dikenal sebagai Chessylite setelah lokalitas jenis di Chessy-les-Minesdekat Lyon, Prancis [2]. Mineral, karbonat, telah dikenal sejak zaman kuno, dan disebutkan dalam Sejarah Elder Pliny Alam dengan nama Yunani kuanos (κυανός:"mendalam biru," akar Inggris cyan) dan caeruleum nama latin [4] biru azurite ini sangatmendalam dan jelas, dan untuk alasan bahwa mineral tersebut cenderung dikaitkansejak jaman dahulu dengan biru tua. warna rendah kelembaban padang pasir dan langitmusim dingin. Nama bahasa Inggris modern mineral mencerminkan asosiasi ini, karena kedua azurite dan biru berasal dari bahasa Arab melalui lazhward Persia (لاژورد), sebuah daerah yang dikenal untuk deposito batu biru




Azurite adalah salah satu dari dua dasar (II) tembaga mineral karbonat, yang perungguyang lainnya hijau terang. Tembaga karbonat Sederhana (CuCO3) tidak diketahui keberadaannya di alam. Azurite memiliki rumus Cu3 (CO3) 2 (OH) 2, dengan kationtembaga (II) dikaitkan dengan dua anion yang berbeda, karbonat dan hidroksida.Kristal kecil azurite dapat diproduksi dengan cepat diaduk beberapa tetes larutantembaga sulfat ke dalam larutan jenuh natrium karbonat dan memungkinkan solusi untuk berdiri semalam.
Azurite adalah kristal monoklinik, dan ketika cukup besar untuk dilihat mereka muncul sebagai gelap kristal prismatik biru. [2] [3] [5] azurite spesimen biasanya besar-besaran untuk nodular, dan sering stalactitic dalam bentuk. Spesimen cenderungmeringankan dalam warna dari waktu ke waktu karena pelapukan permukaanspesimen ke perunggu. Azurite lunak, dengan kekerasan Mohs hanya 3,5 sampai 4.Specific gravity azurite adalah 3,77-3,89. Azurite hancur oleh panas, kehilangan karbon dioksida dan air untuk membentuk hitam, tembaga tepung (II) oksida. Karakteristiksuatu karbonat, spesimen berbuih pada pengobatan dengan asam klorida.
Sifat optik (warna, intensitas) mineral seperti azurite dan perunggu dijelaskan dalam konteks spektroskopi elektronik konvensional kompleks koordinasi. Deskripsi yang relatif rinci disediakan oleh teori ligan medan.
Azurite tidak stabil di udara terbuka sehubungan dengan perunggu, dan seringpseudomorphically diganti dengan perunggu. Proses pelapukan melibatkanpenggantian sebagian karbon dioksida (CO2) unit dengan air (H2O), mengubahkarbonat: hidroksida rasio azurite dari 1:1 ke rasio 1:2 dari perunggu:
2 Cu3 (CO3) 2 (OH) 2 + H2O → 3 Cu2 (CO3) (OH) 2 + CO2
Dari persamaan di atas, konversi ke azurite perunggu disebabkan oleh tekanan parsialrendah karbon dioksida di udara. Azurite juga tidak kompatibel dengan media air, seperti akuarium air asin.

Azurite digunakan sebagai pigmen biru selama berabad-abad. Tergantung pada derajat kehalusan yang itu tanah, dan konten dasar karbonat tembaga, itu memberiberbagai blues. Telah dikenal sebagai batu gunung biru atau Armenia, di samping itusebelumnya dikenal sebagai Azurro Della Magna (dari Italia). Ketika dicampur dengan minyak ternyata sedikit hijau. Ketika dicampur dengan kuning telur ternyata hijau-abu-abu. Ia juga dikenal dengan nama Biru dan Blue Verditer Bice, meskipun Verditerbiasanya mengacu pada pigmen yang dibuat oleh proses kimia. Contoh Lama pigmenazurite mungkin menunjukkan warna kehijauan lebih karena pelapukan menjadiperunggu. Azurite banyak yang disalahartikan lapis lazuli, istilah yang digunakan untukpigmen biru banyak. Sebagai analisis kimia lukisan dari Abad Pertengahan membaik,azurite sedang diakui sebagai sumber utama dari blues digunakan oleh pelukis abad pertengahan. Benar lapis lazuli yang terutama dipasok dari Afghanistan selama Abad Pertengahan sementara azurite adalah mineral yang umum di Eropa pada saat itu.Deposito yang cukup besar ditemukan di dekat Lyons, Perancis. Ini ditambang sejakabad ke-12 di Saxony, di tambang perak berlokasi di sana. [6]
Pemanasan dapat digunakan untuk membedakan azurite dari alam dimurnikan biru lautbiru, pigmen lebih mahal sama tetapi banyak, seperti yang dijelaskan oleh CenninoD'Andrea Cennini. Ultramarine tahan panas, tetapi azurite berubah menjadi oksidatembaga hitam. Namun, pemanasan lembut azurite menghasilkan pigmen biru yang digunakan dalam teknik lukisan Jepang.
Azurite digunakan kadang-kadang sebagai manik-manik dan sebagai perhiasan, dan juga sebagai batu hias. Namun, kelembutan dan kecenderungan untuk kehilanganwarna dalam biru karena cuaca membatasi penggunaan tersebut. Pemanasanmenghancurkan azurite mudah, sehingga semua pemasangan spesimen azurite harus dilakukan pada suhu kamar.

Warna intens azurite membuat batu kolektor populer. Namun, cahaya terang, panas,dan udara terbuka semua cenderung mengurangi intensitas warna dari waktu ke waktu.Untuk membantu menjaga warna biru dari spesimen azurite murni, kolektor harus menggunakan yang sejuk dan gelap, lingkungan penyimpanan tertutup mirip denganpengaturan asli alamnya.
Meskipun bukan bijih utama dari tembaga itu sendiri, kehadiran azurite adalah indikatorpermukaan yang baik kehadiran bijih tembaga sulfida lapuk. Hal ini biasanya ditemukan dalam hubungan dengan perunggu kimia sangat mirip, menghasilkan kombinasi warna yang mencolok hijau biru dan cerah dalam yang sangat mengindikasikan keberadaanbijih tembaga.

Penggunaan azurite dan perunggu sebagai indikator bijih tembaga memimpin secara tidak langsung dengan nama nikel elemen dalam bahasa Inggris. Nickeline, bijih nikelutama yang juga dikenal sebagai niccolite, Weathers di permukaan menjadi mineralhijau (annabergite) yang menyerupai perunggu. Kemiripan ini mengakibatkan upayauntuk sesekali nickeline berbau dengan keyakinan bahwa itu adalah bijih tembaga,namun upaya tersebut selalu berakhir dengan kegagalan karena suhu peleburan tinggi diperlukan untuk mengurangi nikel. Di Jerman mineral ini menipu kemudian dikenalsebagai kupfernickel, secara harfiah "tembaga setan". Sang alkemis Swedia BaronAxel Fredrik Cronstedt (yang telah dilatih oleh Georg Brandt, penemu logam kobaltnikel-suka) menyadari bahwa ada mungkin logam baru bersembunyi di dalam bijihkupfernickel, dan pada 1751 ia berhasil peleburan kupfernickel untuk menghasilkan(kecuali di meteorit tertentu) yang tidak diketahui sebelumnya keperakan putih, besiseperti logam. Logikanya, Cronstedt bernama logam barunya setelah bagian nikel darikupfernickel. Konsekuensi yang tidak diinginkan kemudian pilihannya adalah bahwakoin baik Kanada dan Amerika senilai satu-dua puluh satu dolar sekarang dinamaiistilah Jerman untuk "kobolds"-yaitu, mereka disebut sen.

Tidak ada komentar: