Rabu, 21 Maret 2012

Ketika Semester Galau Tingkat Akhir datang

Semester Galau adalah sebutan buat semester yang merupakan masa penantian, harap2 cemas dan terkadang bisa jadi kunci dimasa depan...banyak mahasiswa tingkat akhir semester 7 dan 8 datang dan bertanya kepada saya, pertanyaannya simpel dan sederhana...mas ada info tentang tempat KP (Kerja Praktek) atau TA (Tugas Akhir)..Syaratnya apa saja mas?..Apakah susah? Apakah yang harus saya perbuat mas?..sungguh pertanyaan yang galau ketika mahasiswa sudah mencapai pada step ini.

Pengalaman saya ketika sudah mencapai step ini adalah buat target perusahaan yang dituju sesuai dengan passion KP dan TA saudara, setiap kumpeni memiliki kelebihan dan kekurangan maka pelajari profil kumpeni sebelum mengajukan, kemudian segera mencari link atau koneksi sebanyak2nya pada semester sebelumnya (misal semester 5 dan 6), bisa lewat organisasi profesi (AAPG, SEG, SPE, IAGI, HAGI) atau datang di konferensi atau seminar yang biasanya tempat manager atau bos2 berkumpul (seperti IPA yang tiap tahun di jakarta, IPTC, APOGCE, PIT IAGI, PIT HAGI) selain itu silaturahim ke Alumni mohon petunjuk..(weleh-weleh :D ).

Sebelum itu saran buat rekan - rekan semua, tentukan Your Passion!!! untuk judul KP dan TA mu, usahakan jangan ikut-ikutan..karena disitulah nanti kedepannya kamu akan di uji, niat g kamu sebenarnya dalam mengambil bidang tersebut. Kalau bisa dan mau usahakan antara KP dan TA segaris lurus, jadi g usah dua kali kerja atau pindah haluan pada bidang yang berbeda. Hemat belajar, fokus dan insha Allah bisa cepet bimbingannya.

Setelah itu baru targetkan kapan anda akan berangkat KP atau TA di perusahaan, ya hidup adalah pilihan, usahakan kuliah wajib semua penuh dan sudah diambil jadi tinggal kuliah yang santai-santai aja, sehingga apabila meninggalkan kuliah g masalah tinggal matur ke dosen pengampunya untuk ijin berangkat KP atau TA.

Pembuatan proposal : buat proposal g ribet2 banget kok, tinggal pendahuluan , maksuda dan tujuan, waktu dan tempat, deskripsi kegiatan yang akan dilakukan, dan terakhir adalah perjanjian atau sumbang sih terhadap kumpeni yang disana kita akan studi. Paling simpel adalah minta senior yang sudah duluan berangkat KP dan TA untuk masterannya kemudian tinggal di edit. Tapi ingat jangan asal langsung di KOPI TUBRUK, sesuaikan dengan passion anda buat tema dan judul!!!
Pengiriman proposal : ini adalah hal yang paling inti dari semua step yang akan dilalui, jurus maut nya adalah anda sudah punya pembimbing yang telah bersedia untuk membimbing anda di Kumpeni (yg didapat dari link organisasi, konfernsi, seminar dan alumni), kedua yang merupakan syarat penting untuk ini adalah dapatkan hati HRD perusahaannya, usahakan PDKT dulu sebelum memajukan proposal, tanya2 bagaimana cara KP dan TA atau profil perusahaan atau waktu yang tepat untuk mengajukan KPdan TA ( jgn pedekate yang aneh2 pokoknya :D) kalau sudah kenal dan enak diajak bicara baru silakan majuin proposalnya.

Kelebihan KP dan TA di kumpeni adalah yang paling terpenting EXPERIENCE dan ILMU PRAKTIS di perusahaan, misal kalau dikuliah dapat ilmu buku maka diperusahaan kita bisa melihat langsung ilmu - ilmu dari kuliah yang akan diterapkan diperusahaan terutama software yang dipakai dan jelas tidak ada dikampus. Kedua adalah perbanyak LINK dan memperluas silaturahmi, jangan lupa tetap jalin silaturahmi setelah KP dan TA dengan perusahaan terkait, mulai pembimbing, teman-teman di perusahaan karena siapa tau esok kan jumpa lagi.

Terakhir adalah berdoa.

Tapi kunci dari semua ini adalah satu perbanyak koneksi, apabila orang barat mengatakan "Relation is Power maka dalam Islam "Silaturahmi itu memperpanjang umur dan mempermudah segala urusan". Silakan share apabila ada saran, komentar dan pertanyaan :D


Salam,
AAI
Alumni KP Chevron 2011 :D

Tidak ada komentar: